Rabu, 23 Oktober 2013

Culture Shock !

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cerita tentang Culture Shock yang saya alami ketika saya menginjakkan kaki di Kanada... Sebenarnya bukan Culture Shock yang membuat saya frustasi, namun lebih tepat jika dikatakan Weather Shock (hahaa.. apa lagi tuh weather shock??!!)...

Mengambil kutipan dari http://blog-dsainer.blogspot.com/2012/01/culture-shock-dan-cultural-lag.html, adapun pengertian dari culture shock itu sendiri adalah perubahan nilai budaya seiring dengan perkembangan jaman dan wawasan yang makin berkembang dan biasanya terjadi pada orang-orang yang secara tiba-tiba berpindah atau dipindahkan ke lingkungan yang baru. Contohnya di Kanada jika bertemu dengan teman dan melakukan hug itu sudah biasa.. Namun, di Indonesia mungkin sedikit canggung untuk melakukan hal tersebut baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis..

Secara general, saya tidak mengalami culture shock disini, hanya saja saya mengalami weather shock.. haha
Cuaca di Kanada berbeda 180 derajat dengan cuaca yang ada di Indonesia.. Selama saya di Halifax, salah satu kota di Kanada, cuaca yang paling panas adalah 16 derajat..( lebih dingin daripada AC.. biasanya kena 20 derajat aja udah dingin banget )... Kebetulan sekali saya berkunjung pada musim gugur.. Daun-daun pada berguguran dan maple leaves ada dimana-mana.. :D 
Cuaca memang sedang dingin pada musim gugur dan akan lebih dingin lagi hingga minus pada musim dingin... brrrr... Pernah sekali pada satu malam, temperatur turun hingga 2 derajat... Dingiinn bangett... Kalau kita sering melihat drama korea ataupun barat yang adegan orang berbicara dan mengeluarkan uap, maka saya mengalaminya disini beberapa kali..

Namun, lama kelamaan saya mulai bisa beradaptasi dengan cuacanya meskipun saya sering merasa seperti beku, terutama pada bagian tangan.. Parahnya lagi, saya tidak pernah menggunakan sarung tangan karena penggunaan sarung tangan sangat mengganggu buat saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.. Pastinya di winter season nanti pakai donk... :)

Itulah sedikit cerita saya :) Apa ceritamu hari ini??

Sunarto
Kepulauan Riau
Canada World Youth Halifax-Depok 2013/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar